PASSWORD  RAR : download soal sbmptn di www.gretongfighter.blogspot.com aja



DOWNLOAD:










PERBEDAAN TES CBT DAN PBT

Memang tidak dipungkiri lagi banyak yang merasa bingung dengan Tes SBMPTN tahun ini yang terdiri dari 2 jenis tes yaitu CBT dan PBT. Apalagi sempat terjadi kehebohan karena pada awal pembukaan web SBMPTN disebutkan bahwa tanggal tes berbasis CBT terbagi menjadi 3 hari (namun sekarang sudah diubah menjadi serentak bersama tes PBT)

loh loh, kok dari tadi bahas CBT, PBT. emang apa sih CBT dan PBT itu? Bedanya apa sih? Dan mana yang leih enak untuk ngerjain Tes SBMPTN?
hooo santai santai...... kebingungan anda anda semua akan terkuras habis setelah membaca postingan ini.

1. Apa itu CBT dan PBT?
     CBT adalah singkatan dari computer based test, dimana sebagian besar kegiatan tes dilakukan dengan komputer. pengisian identitas, pengisian jawanban, tampilan soal semuanya di komputer. yaaa mirip UN online gitu deh.
   
                         " Loh SBMPTN Online? ngerjain tesnya di warnet? wah kalo gitu gue suruh kakak gue aja yang ngerjain tes, dia kan pinter."
     nah,ini mitos yang sering banget terdengar di telingga kita bersama. sayangnya jika anda berpikir begitu maka anda harus bersiap siap malu, karena ya ngak mungkin lah kaya gitu -_- nanti kita akan berada di ruang khusus yang sudah disiapkan panitia, komputer yang sudah di siapkan panitia. tidak mungkin juga memalsukan kehadiran karena yang tetep aja kita bakal disuruh bawa Ijazah dan lain lain :|
                        "kalo listrik mati gimana? kita gugur SBMPTN?"
    yaa kalo ini bisa bisa aja sih bisa bisa aja aku jelasin, tapi nanti takut kelamaan. singkatnya dan intinya gak usah takut. pemerintah juga ngak bodo bodo amat deh sama hal kecil kaya gini. pasti udah mereka antisipasi :D
  PBT adalah singkatan dari papper based test. yaa udah jelas lah yaa tes konvensional yang pake LJK, pensil 2 B, penghapus mahal. dan lain lain. udah tau kan?
2. Perbedaan CBT dan PBT
     emmmm... sebagian udah dibahas di point 1. tapi ada beberapa perbedaan lagi, yaitu dari segi kuota. kuota apaan? kuota siswa siswi yang boleh ikut CBT. loh emang beda sama PBT? jelas beda. karena komputer yang bisa digunakan untuk tes SBMPTN masih terbatas, jelas kuota camaba yang ikut tes CBT lebih sedikit. berarti nanti yang lolos dari CBT juga sedikit dong? ya relatif. toh nanti nilai yang ikut PBT dan CBT di gabung trus dipilih yang terbaik dari yang terbaik.
jadi intinya perbedaannya cuma di sistim pelaksanaan tes, kalo masalah penilaian dan jumlah anak yang lolos ya tetep aja apakah dia layak untuk lolos apa enggak, sekalipun elo ikut PBT yag kuotanya lebih banyak atau CBT yang lebih sedikit. toh nanti akhirnya diadu juga semuanya.
3. Mending ikut mana? CBT apa PBT?
oke apapun keputusannya sebenernya ini terserah elunya... karena setiap orang beda beda yaaa cara berpikir dan kebiasaanya. tapi bisa sih gue kasih perbandigan kecil. dan jangan lupa kalo elo pengen ikut yang CBT mending cepetan daftar, karena seperti yang dibahas tadi, kuotanya terbatas.
Keunggulan CBT  
-Waktu menjadi lebih efisien karena tidak terbuang untuk melingkari LJK
-Kesalahan data diri bisa diminimalisir
-Kesalahan tak terduga bisa diminimalisir (pensil ketinggalan, pensil patah, kertas LJK sobek, dll"
CBT cocok untuk : - camaba berkacamata. karena sangat susah melingkari LJK bagi camaba yang berkacamata apalagi 
Kekurangan CBT  
-Sulitnya mensimulasi ujian (TRYOUT) karena langkanya fasilitas uji coba komputer
-Masih banyak yang camaba yang tidak tahan berlama lama di komputer. 
-karena ini tahun pertama SBMPTN berbasis CBT, kemungkinan masih banyak masalah yang belum diantisipasi  
-Tempat tes hanya tersedia di tempat tempat tertentu (terbatas)
 CBT kurang cocok untuk : - camaba yang belum terbiasa berlama lama didepan monitor

Keunggulan PBT
-Sudah lumrah dan banyak camaba yang sudah terbiasa dengan sistim ini
-masalah masalah yang muncul dapat diantisipasi lebih matang
-TRYOUT banyak kita temukan dimana mana (bahkan bisa melakukan TRYOUT mandiri )
-Tempat tes tersebar luas
PBT cocok untuk :- siswa yang teliti, sabar dan cekatan. 

Kekuarangan PBT
-Waktu kurang efisien.
-Persiapan bertele teletele
-Keaslian dan kualitas alat tulis kurang terjamin
-Data diri rawan kesalahan
PBT kurang cocok untuk : - camaba yang kurang teliti dan mudah panik

Sekian pembahasan tentang bedanya PBT dan CBT. silahkan dipikir baik baik mana yang lebih cocok dengan cara dan kebiasaan anda.

agar lebih mantap saya dalam mengahadapi SBMPTN saya akan memberi bonus kumpulan soal SBMPTN dari tahun 2008-2014 beserta kunci jawaban dan pembahasan TPA, SAINTEK, DAN SOSHUM. serta bonus soal soal PKN STAN. 


LINK DOWNLOAD SOAL SBMPTN 2014


<= TOMBOL DOWNLOAD  KECIL